RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMPIT
Izzatul Islam Getasan
Kelas
/ Semester : VII
(tujuh) / Semester 1
Mata
Pelajaran : IPA
(Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi
waktu : 3 X 40’
A.
Standar
Kompetensi : 2. Memahami
klasifikasi zat.
B.
Kompetensi
Dasar : 2.4. Membandingkan
sifat unsur, senyawa, dan campuran.
C.
Tujuan
Pembelajaran: Peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
pengertian unsur,
senyawa, dan campuran.
2. Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan
campuran.
3. Membedakan antara unsur, senyawa, dan
campuran.
4. Menyebutkan
pengertian campuran
homogen dan campuran heterogen.
5. Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran
heterogen.
6. Membedakan campuran homogen dan campuran
heterogen.
7. Menuliskan
contoh campuran homogen dan campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
8. Membedakan antara koloid dan suspensi.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Pembelajaran :
Unsur, Senyawa dan Campuran
Unsur: zat yang tidak dapat dibagi-bagi
lagi menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa.
Contoh unsur: emas, perak, tembaga,
seng, besi, belerang.
Senyawa: zat tunggal yang secara
kimia masih dapat diuraikan menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana.
Contoh senyawa dan rumus kimianya
No.
|
Rumus
Kimia
|
Nama
Senyawa
|
Gambar
|
1.
|
Karbon dioksida
|
||
2.
|
Air
|
||
3.
|
Natrium klorida
|
||
4.
|
Natrium
hidroksida
|
||
5.
|
Asam sulfat
|
Campuran: gabungan dua jenis zat atau
lebih.
Jenis campuran:
1. Campuran homogen: campuran yang
seluruh bagiannya mempunyai perbandingan komponen yang sama sehingga sangat
sulit untuk dibedakan antara komponen zat penyusunnya.
Contoh
campuran homogen: sirop, spiritus, air hujan.
2. Campuran heterogen: campuran yang
perbandingan komponen di setiap bagiannya tidak sama sehingga masih dapat
dibedakan zat-zat penyusunnya.
Contoh
campuran heterogen: kopi dan air, pasir dan air, kapur dan air.
Campuran
heterogen dibagi menjadi:
a. Suspensi
Contoh:
larutan tepung dan air, kopi dan air, pasir dan air.
b. Koloid
Contoh:
susu, santan, cat, tinta.
E.
Metode
Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi
kelompok
- Ceramah
interaktif
F.
Langkah-langkah
Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Apakah awan tergolong campuran?
- Apakah sifat campuran sama dengan zat penyusunnya?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan campuran?
- Apakah ciri-ciri campuran?
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengertian campuran.
F Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa,
dan campuran
F Membedakan antara unsur, senyawa, dan
campuran.
F Menjelaskan pengertian campuran homogen
dan campuran hetero-gen.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran.
F Perwakilan dari
tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran yang biasa ditemui
dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan sifat dari unsur, senyawa dan campuran.
F Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara senyawa dan campuran
dengan mengisi tabel sebagai berikut.
No.
|
Dasar
perbedaan
|
Senyawa
|
Campuran
|
1
|
Proses
pembentukan
|
||
2
|
Proses
pemisahan
|
||
3
|
Sifat
dengan zat penyusun
|
||
4
|
Perbandingan
zat penyusun
|
F Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi
hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Tergolong campuran apakah larutan gula?
- Apakah susu tergolong suspensi atau koloid?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah
yang dimaksud dengan campuran homogen dan campuran heterogen?
- Apakah yang dimaksud dengan suspensi dan koloid?
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengidentifikasi campuran homogen dan
campuran heterogen.
F Membedakan campuran homogen dan
campuran heterogen.
F Menuliskan contoh campuran homogen dan
campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
F Membedakan antara koloid dan suspensi.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta
didik dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran homogen dan campuran
heterogen.
F Perwakilan dari
tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran homogen dan campuran
heterogen yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik
(dibimbing oleh guru) menuliskan penyusun campuran homogen dan campuran
heterogen yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
F Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis campuran heterogen (suspensi
dan koloid) berikut contohnya.
F Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
F Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi
hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta
didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kepada
kelompok dengan kinerja baik.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal.
G. Sumber Belajar
a.
Buku
IPA Terpadu.
Tim Abdi Guru. 2012. IPA Terpadu 1. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
b.
Buku
referensi yang relevan.
c. Power
point
d. Blog, internet
H.
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran
berdasarkan pengamatan.
·
Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana.
·
Mengelompokkan zat-zat
kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
Tes uraian
Tes identifikasi
|
·
Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan
campuran dari bahan yang disediakan
·
Buatlah bagan materi secara sederhan.
·
Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat
tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen
|
Mengetahui,
Kepala SMPIT Izzatul
Islam
(Muniroh, M.Pd)
NIP/NIK :
|
Getasan,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(Hesti Prasasti, S.Pd)
NIP/NIK :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar