HANOK_rumah ku kelak [amin ya ALLAH]

HANOK_rumah ku kelak [amin ya ALLAH]
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Semoga blog ini mendatangkan manfaat untuk saudara. Annyeonghaseyo. Korea Selatan, tunggu aku menyapamu

Kamis, 08 November 2012

Ini Tempat Kos-ku, Mana Tempat Kos-mu? /(^__^)\

Assalamualikum wr.wb.

Lama sekali tidak menulis.
Kali ini saya tertarik untuk berbagi cerita seputar tempat kos pilihan orang tua saya yang dipandang “beragam” oleh orang kebanyakan yang sebenarnya belum tahu mendalam terkait kos ini, seringkali hanya asumsi yang mereka buat sendiri.
Mohon saran bila terjadi banyak yang masih perlu diperbaiki dari tulisan ini, tulisan ini ditujukan kepada setiap orang yang penasaran dengan hal yang akan kutulis ini.
Saya seorang gadis yang menuntut ilmu untuk meraih gelar formal S,Pd [S1 Pendidikan Kimia] di sebuah universitas konservasi di ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Tahun ini tahun ketiga saya berada di kota ini untuk menuntut ilmu. Saya sedang mejalani semester ketiga disini. Dari semester satu, dua, hingga kini semester tiga, tempat kosku masih sama. Hanya saja, dulu saat semester satu dan dua, nama kosnya adalah Rumah Prestasi Basmala Indonesia ..... [read: .... adalah nama kosnya] . Untuk kos putri bernama wanita-wanita super zaman Rasulullah [ya, begitulah aku menyebutnya], beberapa nama diantaranya yaitu Safana binti Hatim, Fatimah binti Az-Zahra, dll. Sedangkan untuk kos putra namanya juga lelaki-lelaki super zaman nabi, beberapa contoh namanya yaitu Abu Bakar Asy Sidiq, dll. Contoh nama kosnya yaitu Rumah Prestasi Basamala Safana binti Hatim.
Ya, kos pilihan keluargaku adalah rumah prestasi, yayasan dibawah asuhan Habibburahman El Shirazy. Kos ini tersebar ke-8 fakultas yang ada di universitas konservasi. Sistem kos ini yaitu, penghuni kos akan di plot sesuai fakultasnya. Bila mahasiswa FMIPA juga akan menempati kos yang ada di distrik FMIPA dan yang akan menghuni kos juga mahasiswa/mahasiswi FMIPA.
Contoh konkrit. Kos untuk mahasiswa/i FMIPA hanya ada di berbagai tempat yang berdekatan dengan gedung FMIPA. Jurusan di FMIPA ada Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, serta prodi IPA, Ilmu Komputer [jurusan ini baru ada tahun 2012], jadi penghuni kos di distrik FMIPA hanyalah mahasiswa jurusan FMIPA saja. Keuntungannya adalah bila ada kendala dalam belajar, tentu kakak angkatan akan membantu kita, dan tentu masih ada banyak keuntungan lainnya. Sistem plot kamar di kos pun sudah tertata apik, mahasiswa baru akan berada satu kamar dengan kakak angkatan. Tidak ada yang namanya maba sekamar dengan maba. Lebih terarah bukan?
Program yang ditawarkan yayasan ini adalah kajian satu minggu satu kali bertempat di MUA, santi/santriwatinya harus mengikuti halaqoh, sholat di awal waktu dan berjamaah, tilawah Al-Quran setelah sholat Isya, dzikir al-ma’surat setelah sholat subuh, kultum sepekan sekali setelah sholat Isya [untuk pemilihan waktu tilawah ataupun dzikir tergantung kebijakan dan kesepakatan penghuni kos], piket memasak bagi santriwati [selain irit, masak sendiri lebih baik daripada beli makanan siap saji di warung-warung makan]. Paket super keren untuk sebuah kos mahasiswa bukan?
Pada awal semester tiga, pengasuh yayasan yang baru, pak Abdollah Rich memperbaharui nama kos dengan nama Ihwah Rasul (IR). Kini contoh nama kosnya yaitu Ihwah Rasul 24. Angka yang mengikuti dibelakang nama kos ini mengandunga arti, angka genap untuk kos putri dan nomor ganjil untuk kos putra.
Program pembinaan yang ditawarkan mengalami perombakan.
Program harian: sholat berjamaah di awal waktu, dzikir al-ma’surat setelah sholat subuh , tilawah dan riyadhus sholihin [dzikir, tilawah, dll jadwal sesuai kesepakatan penghuni kos dibawah pengawasan langsung dari pembina kos], memasak bersama [bagi akhwat], qiyamul lail call [jadi ada yang membangunkan untuk sholat malam, biasanya yang bisa bangun awal membangunkan teman-teman yang lainnya].
Program pekanan: kajian kos [sepekan dua kali], family time [riyadhoh bersama, makan bersama, sharing antar santri], halaqoh, tatsqif, majelis hataman Quran (MHQ), puasa sunnah.
Program bulanan: MHQ spesial, kajian spesial.
Program tahunan: santri super camp (SSC) [peserta wajib maba], silaturahim santri IR.

Khawatir salah mengambil langkah untuk menentukan tempat kos yang keren? Merasa salah kos? Mau gabung? Atau takut memasukinya karena beranggapan yayasan ini yayasan sesat? Buang jauh-jauh pikiran itu.
Terbukti santriwan/wati kos ini adalah mapres, presma, gubernur BEM, aktivis, prestatif, dll.

Ada teman di kampus yang bertanya. Hes, kamu kalau di kos gimana hes. Apa disuruh ngaji terus? [kira-kira gimana? Ngga lah ya. Ngga tuh. Saya merasakan tidak ada pendoktrinan ataupun penekanan ataupun paksaan dalam hal apapun, semuanya adalah kesadaran dari tiap individu. Yang membedakan kos ini dari kebanyakan kos lain adalah kos ini berada dalam pengawasan yang bagus, ada Ummi kos [bagi kos akhwat] dan ada abi kos [bagi kos ikhwan], jam malam bagi akhwat adalah jam 8 malam [kecuali ada hal-hal yang mendesak]. Terus apa boleh Hes kalau pakai celana? [ sekali lagi, pilihan berbusana adalah pilihan tiap individu, so terserah kamu mau berbusana seperti apa, yang penting jangan pamer aurat dan alangkah lebih baiknya berbusana syar’i].
Ada yang masih mengganjal di hati dan ingin ditanyakan?

Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar: