HANOK_rumah ku kelak [amin ya ALLAH]

HANOK_rumah ku kelak [amin ya ALLAH]
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Semoga blog ini mendatangkan manfaat untuk saudara. Annyeonghaseyo. Korea Selatan, tunggu aku menyapamu

Sabtu, 21 Januari 2012

Menundukkan Pandangan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halaqoh yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Januari 2012 pukul 16.00 WIB-selesai sungguh sangat mengesankan. Ini adalah halaqoh spesial yang dilaksanakan di rumah makan lesehan dekat tempat saya dan saudara-saudara baru saya bernaung @Safana binti Hatim, Sekaran, Gunungpati, Semarang. Murabbi kita, mbak Lia Puspita Dewi kali ini mengusung materi dengan judul Menundukkan Pandangan. Intisari dari materi ini adalah:
Menundukkan pandangan erat kaitannya dengan salah satu panca indera kita yaitu mata, hendaklah kita dapat menjaga mata kita, karena berawal dari mata dapat menimbulkan syahwat yang tidak baik.
Mata --> pikiran --> syahwat --> zina.
Adapaun telah dijelaskan dalam Q.S (surah ke-17 [111 ayat] Makkiyyah) Al-Isra ayat 32, artinya:
“Dan jangankah kamu mendekati zina, (zina) itu sungguh perbuatan keji, dan suatu barang yang buruk.”
Pun diperjelas dengan Q.S ke-24 [64 ayat, Madaniyyah] An-Nur ayat 30-31 {ini adalah ayat favorit Hesti di dalam Al-Quran, Subhanallah). àdibuka ya Al-Qurannya.OK ^v^
Menundukkan pandangan bukan berarti harus selelu menunduk ke bawah terus tanpa memperhatikan lingkungan sekitar, tetapi hendaknya orang soleh dan solehah saling mengetahui batasan-batasan dalam pergaulan Islam. Orang soleh dihimbau untuk lebih dapat menundukkan pandangan karena pikiran, imajinasi, dan angan orang soleh jauh lebih dahsyat, luas cakupannya, dan lebih kreatif inovatif jika dibandingkan dengan orang solehah. Perlu diingat bahwa wanita solehah adalah perhiasan dunia, jadi jangan merendahkan dan melunturkan kadar karat perhiasan dunia. Bukan hanya orang soleh yang patut berbenah, orang solehah pun juga harus menata diri.
Tidak dibenarkan jika dua orang atau sepasang orang entah itu lawan jenis atau sesama jenis, boleh berdua-duaan apalagi di tempat yang sepi. Ingat kaum Nabi Luth yang merupakan kaum homoseksual (penyuka sesama jenis), itu sanagat dilarang Allah.
Apakah anda sudah tahu dan paham? Berdua-duaan yang dilarang tidak hanya dengan yang bukan mahram saja. Satu kelurga, saudara, sepupu, dan mahram-mahram yang lain (kecuali pasutri) pun tidak boleh berdua-duaan. Saudara kandung (adik-kakak) yang berlawan jenis kelamin saat sudah memasuki usia 10 tahun tidak diperbolehkan tidur secara bersama-saa dalam satu tempat tidur, satu ruangan. Pun juga dengan saudara (adik-kakak) yang sama jenis kelaminnya tidak boleh tidur bersama dalam satu selimut yang sama, apalagi dengan yang bukan saudara tentu lebih tidak diperbolehkan. Jadi, hendaknya memisahkan kamar anak-anak yang usianya mendekati atau telah memasuki atau telah melewati usia 10 tahun. Terlebih lagi jika anak-anak tersebut berlawanan jenis kelamin dan sudah memesuki masa baligh. Jika tidak dapat menundukkan pandangan bukan tidak mungkin akan terjadi gejolak remaja karena syahwat.
Maka hendaknya dapat manjaga aurat. Aurat yang tidak boleh diperlihatkan walaupun kepada saudara-saudara perempuan kita adalah dari atas dada sampai bawah perut. Lain halnya dengan orang lain walaupun sesama perempuan tetapi berbeda keyakinan dalam berkeTUHANan, seorang yang solehah harus menjaga auratnya dati atas dada sampai bawah lutut. (tentu aturan-aturan tersebut hanya berlaku jika wanita solehah berada dalam ruang lingkup tertentu, misalnya: di dalam rumah, di dalam kos, di tempat wudhu wanita, di salon muslimah atau salon khusus perempuan, dan ruang-ruang lainnya yang merupakan ruang lingkup perempuan. Berbeda dengan di ruang-ruang umum dan lingkungan umum yang ada laki-lakinya juga, tentu wanita solehah harus menjaga dan memelihara auratnya sesuai syariat Islam, tidak boleh ada yang tampak kecuali telapak tangan dan wajah). Tidak hanya tidur bersama, mandi bersama orang tua, saudara kandung, saudara sepupu, atau teman yang mempunyai jenis kelamin sama pun dilarang untuk dilakukan.
Bagaimana? Adakah pembelajaran bermanfaat yang didapat pada hari ini? Subhanallah. Mari berbenah. Allahuakbar. *v*
Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Fighting!
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar: